Selasa, 28 Agustus 2012

Komputer Generasi Ke-4

Siapa yang tidak kenal dengan benda yang satu ini? Tentu hampir semua orang telah mengenal benda yang satu ini begitu pula disetiap sekolah zaman sekarang, pastinya komputer bukanlah hal yang asing bagi kita. Komputer adalah salah satu perangkat canggih yang paling terkenal di dunia. Nyaris diseluruh sekolah baik didalam maupun luar negeri sudah menggunakan komputer sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran. Nah, dalam perkembangannya komputer terdiri dari 4 generasi, dan kali ini saya akan ngebahas tentang "Komputer Generasi Ke-4".

Pada generasi ini, komputer sudah semakin canggih. Komputer sudah dilengkapi dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang dapat menyatukan beratus-ratus komponen kedalam sebuah chip. Lalu, VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menyatukan hingga ribuan komponen kedalam sebuah chip. Adapula ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang dapat menyatukan hingga jutaan komponen kedalam sebuah chip. Sungguh luar biasa bukan? Yap.. inilah perkembangan kemajuan teknologi hingga saat ini yang tentunya semakin bermanfaat bagi para pemakainya. 

 Nah, pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produknya ke masyarakat umum. Komputer itu disebut mini komputer. Mini komputer itu dijual dengan perangkat lunak atau software yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Perangkat yang paling populer saat itu adalah program "word processing" dan "spreadsheet". Lanjut pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 yang menarik perhatian para konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Lalu, setahun kemudian (1981) IBM memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Ternyata, jumlah penggunannya melonjak dari 2,2juta unit menjai 5,5juta unit ditahun selanjutnya lalu, sepuluh tahun kemudian penggunannya mencapai 65juta unit.

 Kalau diperhatikan, semakin lama ukuran komputer semakin kecil apalagi Setelah IC muncul, tujuan Pengembangan Komputer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik sehingga, bisa dibawa kemana-mana sehingga lebih praktis seperti laptop (komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas) bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). Karena komputer telah mampu menjadi ladang bisnis yang cerah, maka munculnya persaingan antara IBM PC dengan perusahaan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh yang menjadi terkenal karena mampu mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya yang masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat keras mouse. Saat ini kita telah mengenal perjalanan IBM compatible dengan memakai CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 (Serial dari CPU ciptaan dari Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan lain-lain. Itu semua termasuk ke dalam golongan komputer generasi keempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar